Mengkonfigurasi Sistem Kontrol dan Monitoring (PRTG)

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Halohalohaiii, kembali lagi di blog pembelajaran yang satu ini... doakan semoga yang baca blog ini semakin banyak :"v

Untuk kali ini kita akan membahas tentang Sistem Kontrol dan Monitoring



Pertama-tama kita perlu tau, apasih Monitoring itu?

Monitoring merupakan aktivitas di mana sebuah pengawasan atau pemantauan untuk tujuan dan hasil dari hasil tersebut akan di jadikan bahan evaluasi. Monitoring adalah sistem yang melakukan proses monitoring secara terus menerus pada saat sistem jaringan aktif sehingga jaringan dapat di pantau, jika muncul masalah maka kita dapat mengetahuinya dengan cepat. Sedangkan Monitoring Jaringan Komputer adalah proses pengumpulan dan melakukan analisis terhadap data-data pada lalu lintas jaringan dengan tujuan memaksimalkan seluruh sumber daya yang dimiliki Jaringan Komputer. 

Sangat banyak aplikasi yang dapat digunaklan untukmonitoring server, untuk kali ini saya menggunakan PRTG. 



PRTG Network Monitor memonitor ketersedian jaringan dan pemakaian jaringan menggunakan berbagai macam protokol. Fitur-fitur utama PRTG Network Monitor anrata lain sebagai berikut.

1. Comprehensive Network Monitoring, menyediakan lebih dari 170 jenis sensor untuk monitoring aplikasi, monitoring virtual server, monitoring SLA , dan monitoring QoS.

2. Flexible Alerting, meliputi 9 metode notifikasi berbeda, status alerts, limit alerts, threshold alerts, conditional alerts, dan alerts scheduling.

3. In-Depth Reporting, meliputi kemampuan untuk membuat laporan dalam format HTML dan PDF, laporan terjadwal, laporan kustom (contoh: Top 100 Ping Times) dan template laporan.


Yapp kita bisa mulai langkah-langkah untuk konfigurasi monitoring ini

1. Pertama-tama kita harus menginstall PRTG pada PC kita. Untuk itu kita download terlebih dahulu dengan mengetikkan PRTG di pencarian kemudian cari link https://www.paessler.com. Atau untuk lebih mudah kalian bisa klik link berikut ini https://www.paessler.com/prtg

2. Jika sudah, downloadlah PRTG Network Monitoring dengan mengklik Free Download seperti pada gambar dibawah ini.


3. Kemudian bisa kita lihat pada tamplan selanjutnya kita diberikan Free Licence Name dan Licence Key untuk PRTG nya yang akan dimasukkan saat instalasi nanti.


4. Setelah selesai kita download, kita buka aplikasi PRTG Network Monitoring dengan cara klik kanan lalu klik Open, atau untuk lebih cepat nya kalian double klik kiri saja hehe.


5. Pengaturan pertama kali yaitu mengatur bahasa yang akan kita gunakan selama proses instalasi berlangsung. Saya menggunakan bahasa inggris (English) untuk proses instalasi PRTG Network Monitoring ini.


6. Selanjutnya klik I accept the agreement kemudian klik Next> untuk melanjutnya proses instalasi ke tahap selanjutnya.


7. Pada bagian ini isika alamat email kalian yang masih aktif. Jika sudah klik Next> untuk melanjutkan proses instalasi.


8. Pada tahap selanjutnya masukkan Licence Name dan Lecence Key yang sudah kita dapatkan saat download PRTG Network Monitoring tadi. Tetapi jika kalian mendownload aplikasi PRTG sudah dengan Trial Key nya, kalian tidak perlu memasukkan Licence Key lagi pada langkah ini. Kalian akan langsung diarahkan menuju link aplikasi yang ada pada PRTG secara otomatis. 


9. Setelah memasukkan Licence Key maka proses instalasi selesai, selanjutnya kita akan diarahkan menuju link aplikasi yang ada pada PRTG secara otomatis.


10. Berikut ini merupakan tampilan monitoring server dari PRTG Network Monitoring



11. Selanjutnya kita cek apakah dengan menggunakan PRTG ini kita bisa mendapatkan notifikasi email atau tidak. Caranya kita buka Setup kemudian pada System Administration pilih Notification Delivery.


12. Selanjutnya pada bagian SMTP Delivery, pilih Use SMTP Relay Server untuk SMTP Delivery Mecchanism. Kemudian isikan smtp.gmail.com pada SMTP Relay Server. Isikan port 587 pada SMTP Relay SMTP Port. Selanjutnya pilih Use standard SMTP authentication pada SMTP Relay Authentication. Setelah itu masukkan alamat email di SMTP Relay User dan masukkan passwordnya di SMTP Relay Password. Untuk lebih jelasnya dan biar nggak pusing juga, kalian bisa lihat gambar dibawah ini.


13. Selanjutnya untuk mengetes apakah email kita menerima notifikasi atau tidak, kita lakukan Test SMTP dengan mengklik Test SMPT Setting.


14. Masukkan alamat email, kemudian masukkan juga Subject untuk email tersebut kemudian klik OK unuk mengirim.


15. Bisa kita lihat bahwa kita mendapat email tes dari PRTG dengan Subject yang kita buat tadi.


16. Selanjutnya kita akan menerima lebih banyak lagi email pemberitahuan dari PRTG misalnya seperti pada gambar dibawah ini. Gambar ini merupakan salah satu pesan yang saya terima dari beberapa pemberitahuan PRTG



Yappp
Segini dulu ya kawan-kawan
Nanti mungkin bakal saya edit lagi blog nya
dan materinya mungkin nambah hehe
Tapi gapapa makin banyak materi yang kita dapat
makin banyak ilmu yang kita terima

Bye-bye~~

Comments