Mengkonfigurasi Mail Server

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Haii semuanyaaaaa, kembali lagi di blog kita yang sepi ini....
Untuk kali ini kita akan membahas tentang Mail Server.
Nah, apasih Mail Server itu?

Mail Server merupakan suatu perangkat lunak yang mendistribusikan file atau inormasi sebagai balasan atau respon atas permintaan yang dikirim melalui email. Pengertian lain Mail Server adalah server yang memungkinkan pengguna atau user dapat mengirim dan menerima surat elektronik atau e-mail satu sama lain dalam satu jaringan atau dengan internet.



Nah kita udah tau nih pengertian mail sarver itu apa. Tapi tau ga fungsi mail server itu apa??
Mail Server berfungsi sebagai pengatur atau penerima dan penyalur respon atas email yang masuk. Program ini juga berfungsi sebagai aplikasi yang digunakan untuk menginstall email. Oleh karena itu, aplikasi ini sangat penting karena akan mengatur jalannya email dan merespon setiap email yang masuk.

Berikutnya kita lanjut ke langkah-langkah konfigurasinya. Berikut ini langkah-langkah konfigurasi Mail Server.

1. Pertama-tama aktifkan terlebih dahulu fitur dns dan web server melalui penambahan add roles and features pada server



2. Pada bagian features berikan ceklis pada telnet client.



3. Masukkan IP address sesuai dengan network yang digunakan di sekolah kalian pada server dan arahkan dns ke server yang kita buat.



4. Buat nama domain dan mail server sesuai keinginan anda yang akan diakses nantinya. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gamabar dibawah ini. Melalui menu tools kalian buka DNS. Selanjutnya klik kanan pada nama perangkat komputer kalian kemudian klik Configure a DNS Server. Masukkan zone name. Jangan lupa juga masukkan IP Server nya. Berikutnya buat lah host baru seperti yang terlihat pada gambar New Host (1). kemudian lanjutkan seperti pada gambar New Host (2) dan gambar New Host (3)

New Host (1)

New Host (2)

New Host (3)


5. Lakukan pengecekan dns dan mail server yang sudah dibuat dengan menggunakan perintah ping. Untuk hasil pengecekan akan terlihat seperti pada gambar dibawah ini



6. Untuk langkah selanjutnya, tambahkanlah feature Net framework 3.5 untuk aplikasi tambahan


7. Arahkanlah Path source ke drive d:\sources\sxs agar framework di install di drive d system



8. Selanjutnya unduh dan install lah mailenable pada situs https://www.mailenable.com/download.asp.



9. Disini isikan nama domain dan nama sekolah yang akan dikonfigurasikan




10. Selanjutnya pada langkah ini mailenable akan mendeliver satu pos office yang bisa dirubah sesuai dengan keinginan kita berserta password untuk loginnya nanti



11. Berikutnya masukkan nama domain dan alamat ip server berserta port yang digunakan




Pengujian Berbasis Text

1. Mula-mula unduhlah port scanner di https://www.advanced-port-scanner.com/ untuk memastikan port sudah terpasang


2. Ceklah port yang sudah aktif dengan port scanner seperti dibawah ini. Kalian bisa mengklik pindai kemudian pilihlah nama perangkat kalian.






3. Sekarang buka aplikasi mailenable kemudian buat tempat folder letak email yang akan digunakan


4. Create lagi untuk penerima yang mana si penerima ini bisa mengecek email terkirim atau tidak nantinya.



5. Selanjutnya tambahkan kedua user tersebut pada server berdasarkan akun yang terdaftar. Caranya masuk ke Computer Management, klik kanan pada users, kemudian pilih New User. Setelah itu masukkan user name untuk user 1 dan untuk user 2. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah ini.





6. Setelah selesai melakukan langkah-langkah sebelumnya, sekarang ujilah melalui command prompt proses pengiriman email menggunakan port 25. Gunakan fitur telnet menggunakan command prompt kemudian ketikkan ip server beserta portnya. Disini saya ketikkan telnet mail.septiii.net 25. Bisa kalian lihat gambar-gambar berikut ini agar lebih mudah untuk mengerti.




7. Setelah kita mencoba mengirim mail, sekarang kita cek apakah mail tersebut berhasi terkirim atau tidak. Pengecekan email masuk dapat dilakukan dengan menggunakan port 110.  Disini kita login dengan menggunakan user 2 yang tadi telah kita buat. Jika sudah berhasil login, ketikkan list untuk melihat daftar mail, kemudian ketikkan retr untuk membuka mail.





Pengujian Berbasis GUI (Outlook)

1. Pengujian juga dapat dilakukan dengan menggunakan Outlook, Thunderbird, dll. Disini saya menggunakan Outlook terlebih dahulu. Unduh dan installah terlebih duhulu outlooknya.

2.Disini pilih yes untuk menggunakan email account yang akan dihubungkan ke server nantinya



3.Masukkanlah email account user 1 sesuai dengan email yang telah didaftarkan sebelumnya



4. Tambahkan user account kedua melalui add another account. Setelah itu tambahkan user 2 yang sudah kita buat sebelumnya. Lihatlah gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.





5. Klik Tab home kemudian klik new email untuk mengirim email baru. Kemudian isi email sesuai yang diinginkan lalu diarahkan ke siapa tujuan email tersebut, lalu isi juga subject nya. Setelah itu buat isi emailnya. Jika sudah selesai, kirim dengan mengklik tombol Send. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat seperti pada gambar dibawah ini.





6. Pengecekan email terkirim dapat dilihat seperti dibawah ini



7. Jika ingin membalas email tersebut maka klik reply lalu buat balasan email tersebut.




Pengujian Berbasis GUI (Thunderbird)

1.  Sama seperti Outlook, untuk di Thunderbird kita juga memasukkan user 1 dan user 2 yang sudah kita buat sebelumnya. Isikan nama, email, dan password. Kemudian jika kita sudah memasukkan user 1, masukkan juga user 2 dengan mengklik bagian email. Untuk lebih jelasnya kalian bisa lihat pada gambar dibawah ini.




2. Jika sudah, seperti pada Outlook juga, kita buat pesan baru dengan mengklik Write a new message. Kemudian isikan tujuan, subject dan juga isi pesannya. Selah itu kirim dengan mengklik Send.




3. Untuk mengecek apakah pesan sudah terkirim atau belum, bisa kita lihat di inbox. Kalian bisa lihat gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.


4. Jika ingin membalas pesan yang kita terima, kita bisa membalasnya dengan mengklik Reply seperti pada gambar dibawah.




Yapp
Segini dulu ya
Semoga blog ini bermanfaat

Bye bye~~

Comments