Mengkonfigurasi Remote Server


Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh,

Hai, kembali lagi bersama saya Septia. Kali ini kita akan membahas tentang Remote Server. Tapi sebelum kita lanjut mengkonfigurasi Remoter Server, kaian udah pada tau belum apa itu remote server?

Hasil gambar untuk remote server



Remote server adalah server yang anda akses sebagai bagian dari proses client tanpa membuka koneksi terpisah, berbeda, ataupun langsung. Server Remote adalah sebuah server yang didedikasikan untuk menangani pengguna yang tidak pada LAN tapi membutuhkan  akses jarak jauh untuk itu. Remote akses server memungkinkan pengguna untuk mendapatkan akses ke file dan layanan cetak di LAN dari lokasi terpencil.

Masih belum ngerti juga? yaudah kita coba langsung konfigurasi aja ya biar mudah di pahami.
Dibawah ini adalah cara untuk mengkonfigurasi remote server. 

Oh iya jangan lupa sebelum meremote, konfigurasi terlebih dahulu DHCP nya. Jika belum, kalian bisa melihat langkah-langkah nya di link ini


Remote Desktop Protocol (RDP)
1) Pertama-tama kita harus membuat Server serta Client nya terlebih dahulu. Jika sudah, pada server kita klik tombol Start. Kemudian klik kanan pada This PC/ Computer. Pilihlah Properties.




2) Selanjutnya kliklah Remote settings. 


3) Kemudian akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini. Disini kita pilih Allow remote connections to this computer. Lalu pada tampilan selanjutnya klik OK.




4) Nah, disini kita tentukan user mana yang bisa meremote ke server. Disini user yang bisa digunakan untuk meremote server dari client adalah Administrator. Untuk itu kita klik Add. Kita ketikkan Administrator di Enter the object names to select. Jika sudah, klik OK.




5) Kemudian disini bisa kita lihat user yang bisa meremote server hanya Administrator


6) Selanjutnya kita matikan Firewall yang ada di server dan client. Caranya kita masuk ke Control Panel, kemudian kita klik Windows Firewall. Setelah itu kliklah Turn Windows Firewall on or off.





7) Kemudian matikanlah firewall pada Private maupun Public




8) Sekarang kita ke client. Masuklah terlebih dahulu ke Remote Desktop Connetion. Kalian bisa mencarinya menggunakan pencarian.


9) Selanjutnya akan muncul tampilan seperti di bawah ini. masukkanlah IP yang digunakan oleh server, kemudian klik connect. Setelah itu masukkanlah user dan password Administrator lalu klik OK





10) Pada tampilan selanjutnya klik Yes


11) Maka tampilanya akan menjadi seperti gambar di bawah ini.




Remote Desktop Chrome
12) Selain dengan cara yang telah kita lakukan sebelumnya, kita juga bisa meremote menggunakan Chrome. Caranya, kita buka terlebih dahulu Chrome nya. Lalu lakukanlah pencarian Remote Desktop



13) Untuk selanjunya kita klik Tambahkan ke Chrome. 


14) Setelah itu akan muncul pop up seperti pada gambar di bawah ini. Disini kliklah Add app.


15) Tunggulah beberapa saat hingga muncul Apps. Di tab ini kita klik Chrome Remote.


16) Setelah melakukan langkah-langkah diatas, selanjunya kita diminta untuk memasukkan alamat email kita yang aktif. Masukkan email anda lalu jika sudah kliklah Muat ulang seperti pada gambar.








17) Setelah itu disini kita klik pada tombol Lunch App yang berada di pojok kanan atas.


18) Untuk selanjutnya klik Continue



19) Untuk langkah selanjunya kliklah Get Started pada bagian My Computers untuk memulai remote pada server.



20) Aktifkan remote connection dengan cara klik Enable Remote Connection yang ada di pojok kiri bawah pada bagian My Computers. Setelah itu klik Accept and Install untuk mengaktifkan Remote Desktop.



21) Tunggulah beberapa saat sampai proses download selesai.


22) Setelah proses download tersebut selesai, klik lah hasil download tersebut. Kemudian klik Run.



23) Klik lah Enable Remote Connection yang ada di pojok kiri bawah pada bagian My Computers. Setelah itu kalian diminta untuk memasukkan PIN untuk meremote server. Masukkanlah PIN tersebut sebanyak 6 digit angka.



24) Setelah melakukan langkah-langkah diatas, Kliklah server melalui PC client. 


25) Eits, sebelum itu jangan ketinggalan. Aturlah Adapter Network 1 menjadi Internal Network dan Adapter 2 menjadi Bridged Adapter baik di server maupun client.







26) Setelah mengklik Server yang ada pada bagian My Computers, masukkan lah PIN yang sudah dibuat oleh Server. Setelah itu klik Connect




27) Setelah melakukan langkah-langkah diatas, maka RDP sudah aktif di client dan akan terlihat seperti gambar di bawah ini.


28) Eits, selain cara diatas... bisa juga loh kita remote lewat hp. Caranya gampang, kalian tinggal download aja remote desktop baik menggunakan play store maupun google play.





29) Gunakanlah akun untuk login untuk Server dan Client dengan akun yang sama. Jika sudah sama, maka list server akan muncul dengan otomatis. Kalian tinggal klik saja Server tersebut. Setelah itu tunggulah beberapa saat.


30) selanjutnya kalian akan diminta untuk memasukkan PIN yang sudah diatur oleh server. Setelah itu klik Connect. Jika langkah-langkah tersebut sudah kalian lakukan, maka RDP sudah aktif dan tampilan server akan muncul di layar anda.



Nah~~
Gimana materi kita hari ini?
Pusing?? wkwk
Semoga berhasil~~~


Comments