Wireless Point to Point

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hai semuanya, kembali lagi bersama saya Septia. Untuk kali saya akan sedikit membahas tentang Wireless Point to Point atau bisa disingkat PTP. 
PTP adalah salah satu PC/komputer dihubungkan ke satu PC/komputer saja. 



Hasil gambar untuk wireless ptp router


Nah, sekarang kita mulai saja caranya

1) Pertama-tama aktifkan terlebih dahulu wlan1 dengan mengklik plus yang berwarna biru. Kalian bisa melakukannya setelah mengklik Wireless atau Interface yang ada di sebelah kiri tampilan pertama saat setelah masuk winbox.


2) Jika sudah, klik dua kali wlan1 nya, maka akan muncul seperti gambar di bawah ini. Di tab General ganti nama menjadi station untuk client dan bridged untuk AP. Kemudian untuk AP, pada tab Wireless ganti mode menjadi station (untuk client) serta ap bridge (untuk AP) masukkan  SSID nya (untuk AP).

Tampilan pada client

tampilan pada AP

tampilan pada AP
3) Setelah itu klik scan (pada client)lalu klik start. setelah itu temukan SSID yang sudah dibuat oleh server sebelumnya, kemudian klik connect.

Tampilan pada client

Tampilan ada client

Tamilan pada client

4) Jika sudah, kembali lagi ke menu awal. klik  IP - Addresses kemudian isikan IP addressnya. 10.10.10.1/24 untuk server dan 10.10.10.2/24 untuk client. lalu interface nya wlan.

tampilan pada client

5) Selanjutnya kita cek bahwa pc saling terhubung mengggunakan terminal dengan perintah ping 10.10.10.1 (untuk ping dari client ke AP) ping 10.10.10.2 (untuk ping dari AP ke client).

tampilan pada client

Yap, gimana pembahasan kita kali ini?
Cukup mudah bukan?
Selamat mencoba


Comments