Wireless Point to Multi Point


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Halo, kembali lagi bersama saya Septia. Pada pembahasan sebelumya kita membahas tentang Point to Point. Untuk kali ini kita akan membahas tentang Point to Multi Point atau biasa disingkat dengan PTMP.

PTMP adalah satu komputer/PC yang dapat disambungkan ke banyak komputer/PC dan biasanya digunakan pada area hotspot ataupun warnet.

Hasil gambar untuk ptmp


Nah, sekarang langsung kita mulai saja cara untuk setting ptmp ini


1)Biasanya wlan1 tersetting disable, oleh karena itu kita harus membuat wlan1 tersebut menjadi enable. Caranya klik Wireless atau Interface yang ada di sebelah kiri pada tampilan pertama winbox setelah connect. Setelah itu kita aktifkan wlan1 nya terlebih dahulu dengan cara mengklik wlan nya lalu klik plus yang berwarna biru. Setelah itu klik dua kali.


Tampilan pada AP maupun Client


2) Di tab General ubah nama menjadi station1 (untuk client1) dan station2 (untuk client2) serta AP (untuk AP). Contoh nya seperti dibawah ini

Tampilan pada client2


3) Kemudian kita ke tab wireless pada client, ubah mode menjadi station (untuk client) dan ap bridge (untuk AP)lalu atur radio name diubah menjadi no absen<spasi>client/server. Ubah SSID sesuai dengan yang sudah diatur oleh AP. lalu klik scan. temukan dengan nama SSID nya lalu tekan connect (untuk client).

Sebelumnya, atur SSID dan security pada server misalnya seperti contoh pada gambar dibawah ini

Tampilan pada AP

Tampilan pada AP

Tampilan pada AP


Mulai dari sini kita atur pada client

tampilan pada client2
Tampilan pada client

4) Jika sudah, kembali lagi ke menu awal. klik  IP - Addresses kemudian isikan IP addressnya. 10.10.10.1/24 untuk AP, 10.10.10.2/24 untuk client1 dan 10.10.10.3/24 intuk client 2. Setelah itu klik apply kemudian OK
Tampilan pada AP
Tampilan pada client1
Tampilan pada client2

Client yang terhubung bisa kita lihat pada AP

Tampilan pada AP

5) Selanjutnya kita cek bahwa pc saling terhubung mengggunakan terminal dengan perintah ping 10.10.10.1 (untuk AP), ping 10.10.10.2 (untuk client1) dan ping 10.10.10.3 (untuk client2) 


Tampilan pada AP maupun client

Comments