WEP Ecryption And WPA Encryption


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Halo kawan, kembali lagi bersama saya Septia. Untuk kali ini saya akan membahas tentang WEP dan WPA Encryption.

Pasti ada beberapa dia antara kalian yang sudah pernah mendengar nama ini sebelumnya. Tetapi apakah kalian sudah tau apa itu WEP dan WPA Encryption?
Gambar terkait
WEP (Wired Equivalent Privacy) atau biasa disebut Shared Key adalah suatu metoda pengamanan jaringan nirkabel. WEP menggunakan kunci yang dimasukkan (oleh administrator) ke client maupun access point

WPA (Wi-Fi Protected Access) adalah suatu sistem yang juga dapat diterapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel. Metode pengamanan dengan WPA ini diciptakan untuk melengkapi dari sistem yang sebelumnya, yaitu WEP. Para peneliti menemukan banyak celah dan kelemahan pada infrastruktur nirkabel yang menggunakan metoda pengamanan WEP.

Nah, tadi itu sekilas pembahasan tentang WEP dan WPA. Sudah mulai tergambarkan? apa itu WEP dan apa itu WPA?

Yuk kawan, langsung aja kita praktek biar lebih paham.

1) Seperti biasa saat kita mulai mengakses MikroTik, kita atur terlebih dahulu IP nya. Caranya sangat mudah. Kita lihat di sebelah kiri, klik IP lalu klik Addresses.


2) Selanjutnya akan muncul Address List.  Disini kita atur IP nya dengan cara klik Plus lalu tambahkan Address nya.
10.10.10.3/24 di pasang pada wlan1 dan 192.168.1.31/24 dipasang pada ether2. 
Setelah itu klik Apply kemudian OK.





3) Untuk langkah selanjutnya kita klik Wireless  yang ada pada sebelah kiri. Setelah itu akan muncul tampilan Wireless Tables. disini kita klik  wlan1 nya kemudian kita enable dengan mengklik tanda ceklis.





4) Selanjutnya di Wireless Tables kita klik Security Profiles lalu klik plus. Kemudian di tampilan berikutnya akan muncul New Security Profile, pada tab General kita lihat di Mode kita ganti dari dynamic keys menjadi static keys optional. Bukan hanya itu, kita masukkan juga name yaitu WEP. Setelah itu kita lanjutkan lagi ke tab Statistic Keys, kita atur Key 0 menjadi 40wip wep kemudian kita masukkan password nya.






5) Yap, kita lanjut ke langkah selanjutnya. kita masuk terlebih dahulu ke Wireless Tables, kita klik 2 kali. Kemudian pada tampilan berikutnya klik Wireless lalu pada Security Profile kita atur menjadi WEP. 

Nah, disini kalian sudah berhasil men-setting WEP Encryption



6) Selain WEP ada juga yang namanya WPA. Untuk mengaturnya klik General pada New Security Profile. Ubah Name nya menjadi WPA, untuk Mode nya kita atur ke dynamic keys. Kemudian kita masukkan passwordnya. Setelah itu klik Apply lalu OK




7) Kalian bisa kembali ke langkah sebelumnya yaitu langkah ke-5 untuk men-setting WPA seperti  sama seperti setting WEP. Hanya saja pada Security Profile nya kita ganti menjadi WPA


Nah gimana? Gampang kan?
Selamat mempraktekkan

Comments