Ragam komunikasi




        Komunikasi adalah pengiriman atau penerimaan informasi antara dua orang atau lebih. Menurut KBBI, komunikasi adalah Pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami.
Berikut ini adalah ragam-ragam komunikasi yang sering kali kita jumpai.

1. Komunikasi Audio, adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan melalui media audio. Media audio adalah pesan yangakan disampaikan dalam bentuk lambang – lambang auditif, baik verbal maupun non verbal. Contoh dari komunikasi audio adalah radio, telepon, tape recorder.

Hasil gambar untuk radio
radio


Hasil gambar untuk telepon
telepon

Hasil gambar untuk tape recorder
tape recorder

Macam-macam Audio 

  • Audio Visual, Perangkat soundsistem yang dilengkapi dengan penampilan gambar, biasa digunakan untuk presentasi, home theater dll.
  • Audio Streaming, istilah yang dipergunakan untuk mendengarkan siaran secara live melalui Internet. Ada macam-macam audio streaming, misalnya Winamp (mp3), RealAudio (ram) dan  radio.
  • Audio Response, Suara yang dihasilkan oleh komputer. Output pembicaraan yang dihasilkan komputer untuk menanggapi input jenis khusus, misalnya permintaan nomor telepon.
  • Audio Oscillator, Merupakan produk dari perusahaan Hewlett Packard (HP) yang pertama. Digunakan oleh Walt Disney Studios dalam pembuatan filmnya.
  • Audio Modem Riser, Sebuah kartu plug-in untuk motherboard Intel yang memuat sirkuit audio dan atau sirkuit modem. AMR memuat fungsi-fungsi analog (kode-kode) yang dipelukan untuk operasi modem dan atau audio.


2. Komunikasi Video, adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan melalui media video (visual atau gambar). Contoh komunikasi ini adalah videotron yang menampilkan iklan di kota-kota.
Hasil gambar untuk videotron
videotron

3. Komunikasi Audio Video, adalah sebuah bentuk komunikasi yang dilakukan melalui media video dan audio. Bukan hanya menampilkan visual (penglihatan) juga dilengkapi audio (suara). Contoh : TV dan video call.
Hasil gambar untuk tv
TV

Hasil gambar untuk video call
video call
4.  Komunikasi Data, adalah sebuah bentuk/proses pengiriman dan penerimaan data menggunakan kode biner dan melalui media transmisi agar kedua device bisa saling terkoneksi. Contohnya internetworking pada komputer.
Hasil gambar untuk INTERNET WORKING
komunikasi data


Berikut ini adalah komponen-komponen komunikasi data.

a. Sumber (source), yaitu alat/komponen yang membangkitkan data atau informasi yang akan di transmisikan, dapat berupa alat input pada komputer.

b. Pengirim (transmitter), yaitu alat untuk memproses data atau informasi yang berasal dari sumber (source) agar dapat di salurkan oleh sistem/media transmisi. Atau singkatnya adalah suatu perangkat untuk mengirimkan data.

c. Sistem Transmisi, yaitu Berupa jalur transmisi tunggal atau jalur kompleks yang menghubungkan sistem sumber dengan sistem tujuan, secara fisik dapat berupa media wireline atau media wireless.

d. Penerima (receiver), yaitu alat untuk menerima sinyal dari sistem transmisi dan memproses menjadi informasi yang dapat ditangkap/ diproses oleh tujuan. Atau singkatnya adalah suatu perangkat untuk menerima data

e. Tujuan (destination), yaitu Menangkap informasi yang dihasilkan oleh penerima, informasi yang diterima oleh perangkat tujuan selanjutnya diubah menjadi jenis informasi yang sama dengan informasi yang dikirimkan, Software aplikasi digunakan untuk menjembatani informasi ini menuju pengguna jaringan komputer.

Comments