MikroTik Wireless Protocol Nstreme dan Nv2

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,


Hai, kembali lagi bersama saya Septia. Kali ini kita akan membahas tentang Nstreme dan Nv2


Hasil gambar untuk Nstreme nv2


Apa kalian tau apa itu Nstreme? Nstreme adalah wireless protocol yang digunakan untuk meningkatkan unjuk kerja jaringan wireless point to point. Nstreme ini merupakan mikrotik proprietary hanya bisa digunakan di produk mikrotik saja

Selain Nstreme ada juga yang namanya Nv2. Nv2 itu apa sih? Nv2 adalah wireless protocol yang di kembangkan oleh MikroTik untuk penggunaan Atheros 802.11 wireless chips. 


Nah udah udah kita bahas sekilas tentang NStreme maupun Nv2
Sekarang kita langsung praktek aja


1) Pertama-tama kita masuk ke menu Wireless Tables kemudian klik tanda plus. Pada tampilan menu selanjutnya, kita klik tab Nstreme kemudian ceklis pada Enable Nstreme kemudian klik Apply lalu OK. 



2) Setelah itu kita masuk ke menu Bandwith Test pada client. Caranya dengan mengklik Tools yang ada di sebelah kiri, lalu kemudian klik Bandwith Test. Setelah itu akan muncul menu Bandwith Test. Di dalam menu tersebut, Test to IP AP nya kemudian kita masukkan user nya, setelah itu klik Start.

Tampilan pada client

3) Setelah melakukan langkah-langkah diatas, pada menu interface wlan1 kita klik pada tab Traffic untuk mengecek. Sebelumnya apabila kalian tidak tau ada dimana menu interface wlan1, caranya adalah dengan mengklik Wireless yang ada di sebelah kiri, lalu akan muncul menu Wireless Tables. Di menu ini, kita klik wlan1 2 kali.

Tampilan pada AP

Tampilan pada client
4) Setelah melakukan Bandwith Test pada client, selanjutnya kita akan mencoba mengganti Wireless Protocol dari Any menjadi Nstreme. Caranya, kita masuk ke menu Interface. Setelah itu kita klik tab Wireless. Pada Wireless Protocol, ubahlah dari any menjadi nstreme. Lakukan seperti pada gambar dibawah ini.
Yap, sampai di sini bahas NStreme nya udah selesai

Tampilan pada client


5) Nah, sekarang kita beralih ke Nv2. Sama seperti sebelumnya, kita masuk ke menu Interface kemudian kita ke menu Wireless. Kita ubah Wireless Protocol menjadi nv2. Setelah itu klik Apply kemudian OK.



6) Setelah itu, sama seperti Nstreme. Kita masuk ke menu Bandwith Text pada client. Selanjutnya kita atur IP sesuai dengan IP pada AP. Kemudian kita masukkan User nya. Jika sudah, klik Start

Tampilan pada client

7) Setelah melakukan Bandwith Test, kita cek Traffic dengan cara masuk ke menu Interface seperti pada gambar dibawah ini. Selanjutnya kita klik tab Traffic.

Tampilan pada AP

Tampilan pada client

8) Setelah langkah-langkah sebelumnya, kita akan membuat Virtual Access Point (VAP).Virtual Access Point (VAP) pada Mikrotik adalah interface virtual yang dapat digunakan untuk membuat beberapa Access Point dari satu interface Wireless fisik. Jadi hanya dengan satu interface Wireless fisik saja kita dapat membuat banyak Access Point dengan SSID, IP address, dan MAC Address yang berbeda tiap AP nya.
Satu Interface wlan dapat digunakan untuk membuat virtual AP dengan batas
maksimum VAP sebanyak 128 VAP.

Nah sekarang lansung aja kita coba praktek. Caranya, Kita masuk ke menu Wireless Tables, lalu pada menu interface kita klik tanda plus kemudian Virltual.

Tampilan pada AP

9) Untuk langkah selanjutnya, kita masuk ke menu Interface, kemudian pada tab Wireless kita atur SSID nya menjadi Kepala Sekolah. Setelah itu, klik Apply kemudian OK.

Tampilan pada AP

10) Setelah melakukan langkah diatas, Tampilan pada menu Wireless Tables akan seperti pada gambar dibawah ini.

Tampilan pada AP



Nah selesai deh pembahasan kali ini
Selamat mencoba yaa

Comments