Cara Mengakses MikroTik RouterOS


Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,

Hai, kembali lagi bersama saya Septia. Kali ini saya akan menjelaskan mengenai cara bagaimana mengakses MikoTik RouterOS.

Sebelum itu, saya akan menjelaskan sedikit tentang MikroTik ini. MikroTik adalah sebuah perusahaan yang bergerak dibidang perangkat keras (Hardware) dan perangkat lunak (Software) yang berhubungan dengan sistem jaringan komputer yang berkantor pusat di Latvia, bersebelahan dengan Rusia. Mikrotik didirikan pada tahun 1995 untuk mengembangkan router dan sistem ISP (Internet Service Provider) nirkabel.

MikroTik RouterOS adalah sistem operasi dan perangkat lunak yang dapat digunakan untuk menjadikan komputer manjadi router network yang handal, mencakup berbagai fitur yang dibuat untuk ip network dan jaringan wireless, cocok digunakan oleh ISP dan provider hotspot.

Hasil gambar untuk mikrotik routerOS

Yap, setelah mengetahui sedikit penjelasan tentang MikroTik di atas, sekarang kita akan memulai untuk mengakses nya. Saya akan berusaha membuat penjelasan ini agar mudah untuk dimengerti.

Untuk mengakses MikroTik, kita butuh sebuah perangkat lunak yang bernama Winbox yang sudah terinstal di PC/komputer kalian. Jika kaian belum men-install Winbox tersebut, maka kalian bisa mendownload nya di link ini


Ups, jangan lupa. PC harus sudah terpasang dengan router.
Jika kalian sudah menginstall Winbox dan sudah menghubungkan router dengan PC kalian, maka kita bisa mulai mengaksesnya. Disini saya menggunakan RB 951. Berikut ini cara untuk mengakses MikroTik RouterOS.



1) Untuk langkah awal, kita harus masuk ke winbox terlebih dahulu. Ini adalah tampilan awal setelah kita membuka Winbox. Jika MAC address atau IP address masih belum muncul, kalian bisa mengklik Refresh yang ada pada tab Neighbors. Kalian bisa Connect menggunakan MAC Address maupun IP address. Jika kalian ingin connect dengan meggunakan MAC Address kalian bisa mengklik MAC Address tersebut. Disini saya connect menggunakan IP Address. Jika sudah, klik connect.





2) Jika sudah masuk, saat nya kita menambahkan ip address kita, bisa kita lihat di bagian sebelah kiri kita klik IP kemudian kita klik Addresses.



3) Untuk langkah selanjutnya akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah ini. Disini kita bisa menambahkan IP Address kita dan juga kita harus mengatur interfacenya, yaitu dimana letak kabel terpasang. Kali ini saya menggunakan IP 192.168.88.31/24. Untuk interfacenya saya pilih ether2 dikarenakan saya memasang kabel UTP nya di ether2. Jika sudah, klik Apply lalu OK.







4) Langkah diatas tadi merupakan langkah yang menggunakan GUI, sekarang kita coba  menambah ip address menggunakan terminal. printahnya adalah ip address add address=192.168.88.31/24 kemudian enter lalu ketik ether2. 

*Kalian bisa menggunakan salah satu cara dari cara menggunakan terminal ataupun menggunakan GUI.




5) Jika sudah selesai, kita cek ip yang sudah kita tambahkan tadi dengan perintah ip address print. Bisa kita lihat sudah muncul ip yang kita masukkan tadi.


6) Kita bisa menambah ip address, kita juga bisa menghapus ip addressnya. Jika lewat GUI, klik ip addressnya lalu klik tanda min warna merah. Tetapi bisa juga menggunakan terminal yaitu menggunakan perintah ip address remove numbers=0. Disini kita bisa pilih ip mana yang ingin kita hapus.








 7) Bisa kita cek lagi ip address kita, sekarang sudah terhapus ada yang terhapus dan hanya sisa satu IP.






8) Selanjutnya kita ke ftp. kita bisa membukanya dengan mengetik ftp:// menggunakan Browser, kemudian dilanjutkan dengan IP address kita seperti misalnya contoh dibawah ini.




9) Selanjutnya kita juga bisa mengakses menggunakan webfig dengan menggunakan browser. dengan cara mengetikkan ip addres kita di lanjutkan dengan /webfig/.









10) Selanjutnya kita menggunakan telnet dengan memakai terminal dari pc kita.  Perintahnya adalah telnet kemudian dilanjutkan dengan ip address kita. Setelah itu kita login dengan admin, untuk password tidak usah kita isi, jadi langsung enter saja. Jika sudah, maka tampilannya akan seperti pada gambar.








Nah, diatas tadi adalah beberapa cara mengakses MikroTIk
kita sudah bisa mengakses MikroTik menggunakan Winbox, ftp, Webfig, serta telnet.

Nah, sekarng kita lanjutkan mengakses MikroTik dengan Winbox
Untuk selanjutnya kita akan connect ke internet

11) Untuk connect ke internet pertama-tama kita harus mengatur DNS nya terlebih dahulu dengan cara klik IP-DNS. Setelah itu akan muncul tampilan DNS Setting. Disini kita isikan servers nya yaitu 172.16.0.1. Setelah itu klik allow nya. kemudian apply lalu OK.






12) Selanjutnya kita atur firewallnya dengan cara klik IP-Firewall. Pada kolom NAT klik plus berwarna biru






13) Di General ubah out interface menjadi public, kemudian di action ubah menjadi seperti pada gambar dibawah. Perlu kalian tau, disini saya mengubah nama ether 1 menjadi public dan ether 2 menjadi local.






14) Setelah itu jangan lupa untuk menambahkan DHCP Client nya untuk ether 1. Setelah itu klik OK. Lalu kita masuk ke terminal, lalu kita jalankan perintah ping google.com jika tampilannya seperti pada gambar dibawah ini, itu artinya sudah terhubung




15) Selanjutnya kita mencoba cara untuk mereset konfigurasinya. kita bisa menggunakan system-reset configuration- no default configuration-reset configuration.  Atau kita juga bisa mencobanya melalui terminal dengan menggunakan perintah system reset-configuration no-default=yes,  lalu kita enter kemudian ketik y.












23) Setelah itu tunggulah sampai bunyi biip pendek, kemudian akan muncul seperti pada gambar dibawah ini. terlihat pada gambar, ip address nya kembali menjadi 0.0.0.0 hal ini dikarenakan sudah kita reset.


Yap, sekian pembahasan kita kali ini.... Mudah bukan? 
Jadi Selamat moncoba

Comments